Berita SekolahUmum

Bimbingan Teknis Pengembangan Bursa Kerja Khusus (BKK) Online Kota Banjarmasin

 Pemberdayaan Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK merupakan salah satu fungsi dalam pembinaan manajemen sekolah yang menjadi perhatian Direktorat Pembinaan SMK. Menyikapi hal tersebut DitPSMK bekerjasama sama dengan Direktorat Penempatan Tenaga Kerja Dalam Negeri (PTKDN) Kemnaker mengembangakan aplikasi BKK Berbasis online yang dapat digunakan oleh SMK di seluruh Indonesia.

Penggunaan aplikasi BKK online merupakan salah satu tahapan strategis guna mewujudkan pendataan penyerapan tamatan yang cepat dan akurat untuk peningkatan kualitas layanan SMK, karena BKK menjadi salah satu komponen penting dalam mengukur keberhasilan pendidikan di SMK.

Untuk mensosialisasikan aplikasi tersebut, tahun 2016 ini, DitPSMK melaksanakan Roadshow Bimtek BKK online ke berbagai Kota bekerjasama dengan dinas pendidikan pemerintah daerah setempat. Dengan target sasaran Roadshow Bimtek BKK online adalah 500 SMK yang tersebar di sepuluh Kabupaten/Kota.

Kota Banjarmasin merupakan salah satu kota yang pilih oleh DitPSMK untuk menyelenggarakan Bimbingan Teknis BKK online. Bekerjasama dengan pemerintah Kota Banjarmasin Bimtek BKK online diselenggarakan selama tiga hari, Senin s.d Rabu, tanggal 10 – 12 Oktober 2016. Kegiatan Bimtek dilaksanakan di SMK Negeri 1 Kota Banjarmasin, Jl. Mulawarman, Teluk Dalam, Banjarmasin Tengah.

Peserta yang mengikuti Bimtek BKK online Banjarmasin ini berjumlah 50 peserta yang berasal dari Kota Banjarmasin, Kabupanten Banjar, Kabupaten Barito Kuala, dan Kota Banjarbaru. Bertindak sebagai narasumber Bimtek kali ini adalah Arif Prio Wibowo, Heni Aryani, Triasmono, dan Tutik Rini Purwati.

Bimtek BKK online di buka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin Drs. H. Hermansyah, MM pukul 13.30 WITA, senin (10/10). Dalam sambutannya, Hermansyah memberikan apresiasi kepada seluruh peserta yang hadir mengikuti Bimtek, dan berpesan kepada peserta untuk mengikuti seluruh rangkaian Bimtek sampai tuntas, agar memberikan manfaat bagi perkembangan BKK SMK di kota Banjarmasin.

Ditempat terpisah, Drs. Arsyad Junaidi, M.Pd, kepala SMK Negeri 1 Banjarmasin selaku tuan rumah menyambut baik kegiatan Bimtek ini. Arsyad Junaidi, berharap dengan terselenggaranya kegiatan ini akan berdampak langsung pada kemajuan BKK SMK Negeri 1 Banjarmasin. Karena menurutnya, secara ideal keberadaan BKK cukup penting bila melihat peran dan fungsinya menyalurkan lulusan SMK dan umpan balik ke sekolah terkait dengan proses pembelajaran SMK.

Selain itu, beliau juga mengharapkan adanya wadah untuk berkomunikasi antar BKK se-Kota Banjarmasin, agar saling bertukar informasi lowongan kerja dan tenaga kerja yang tersedia, sehingga diharapkan meningkatnya angka keterserapan tenaga kerja lulusan SMK di kota Banjarmasin.

Forum BKK Kota Banjarmasin dan sekitarnya pun terbentuk dan diresmikan oleh Kepala SMK Negeri 1 Banjarmasin, dengan formasi pengurus sebagai berikut: Ketua: Ruswantoro, S.Pd dari SMK Negeri 5 Banjarmasin; Wakil ketua: Dra. Hj. Jalehatiah dari SMK Negeri 1 Banjarmasin; Sekretaris: Ihda Zainul Muttaqin, S.Pd dari SMK Negeri 2 Banjarbaru; Bendahara: Gusti Meika, S.Pd dari SMK Negeri 1 Martapura.

Bimtek BKK Online Kota Banjarmasin ini merupakan pengimbasan dari Bimtek Narasumber BKK Online yang telah dilakukan pada tanggal 18 – 21 Agustus lalu di Bogor, Jawa Barat yang bertujuan untuk memperkenalkan penggunaan aplikasi BKK online kepada ketua BKK di SMK agar dapat menjadi operator yang handal sehingga mampu mengopersikan aplikasi BKK online secara optimal.

Selain Banjarmasin diwaktu yang bersamaan Bimtek BKK online juga diselenggarakan di Kota Makasar dan Mataram. Tiga Kota terebut melengkapi tujuh kota yang sebelumnya telah melaksanakan Bimtek BKK online yakni: Batam, Palembang, Cilegon, Bandung, Surakarta, Jombang, dan Denpasar. (arifprio)

Nabil Seff, S.Kom

Seorang Blogger dan Webmaster sekaligus seorang Guru muda lulusan STMIK Pranata Jakarta yang gemar menggeluti program, koding, desain, animasi, video, teknik, jaringan, security dan segala macam hal tentang komputer termasuk Game. "Saat kita belajar, jangan ada kata menyerah, tidak ada yang tidak mungkin dalam hidup selama kita mau berusaha. Jangan lupa bahagia"

Artikel Lain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button