Artikel Pendidikan

8 Adab Seorang Murid Terhadap Guru

Pendidikan merupakan sarana utama dalam peningkatan kualitas manusia dan memiliki tanggung jawab terhadap keberlangsung kehidupan manusia. Perilaku manusia harus difokuskan kembali sesuai fitrahnya sebagai manusia yang memiliki akhlak baik. Dengan kata lain, urgensi pendidikan yang menekankan pada aspek akhlak adalah sebuah keniscayaan.

“Saat ini banyak murid yang belajar, tapi mereka jarang mendapatkan ilmu dari gurunya. Padahal ilmu dari gurunya banyak, tapi dia tidak bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat untuk kehidupannya. Sehingga banyak anak-anak zaman sekarang menjadi kurang pintar. Apa penyebabnya,” kata Ir. R. Ridwan Hasan Saputra, M.Si saat menjadi pembicara di acara Malam Bina Akhlak dan Karakter (MABAR) yang digelar Klinik Pendidikan MIPA (KPM), Selasa (16/2/21) lalu.

Ridwan HS menegaskan dalam menuntut ilmu, seorang murid harus lebih dahulu menghormati dan menjunjung tinggi seseorang yang mampu menjadi sumber ilmu tersebut. Oleh sebab itu, memuliakan guru wajib hukumnya bagi pencari ilmu agar ilmunya berguna dan membawa keberkahan.

Berikut 8 adab seorang murid terhadap guru berdasarkan referensi dari terjemahan kitab Adabul Alim Wal Muta’alim (Adab Guru dan Murid) karangan Imam Nawawi:

  1. Seorang murid harus menyucikan hatinya.
  2. Senantiasa rendah hati terhadap ilmu yang dipelajari
  3. Menghormati dan Memuliakan guru
  4. Mencari keridhoan dari guru
  5. Mendengar penjelasan guru
  6. Semangat dalam menuntut ilmu
  7. Bersikap santun, sabar, dan memiliki cita-cita yang tinggi
  8. Segera menulis dan mencatat jika mendapati hal baru.

Ridwan berpesan agar para peserta didik memahami dan mengingat pesan dari Imam Nawawi tersebut. “Tolong 8 hal ini kalian ingat, catat, dan praktikan dalam kehdiupan sehari-hari, karena kalau seorang guru ridho dan merasa dimuliakan, maka kita juga akan dimuliakan oleh banyak manusia,” kata Ridwan HS.

Sumber: https://www.msn.com/id-id/berita/teknologidansains/pendidikan-yang-bertumpu-pada-akhlak-adalah-keniscayaan

Nabil Seff, S.Kom

Seorang Blogger dan Konten Kreator sekaligus seorang Guru Desain Komunikasi Visual lulusan STMIK Pranata Jakarta yang gemar menggeluti koding, desain, animasi, video, jaringan, security dan segala macam hal tentang komputer termasuk Game. "Saat kita belajar, jangan ada kata menyerah, tidak ada yang tidak mungkin dalam hidup selama kita mau berusaha. Jangan lupa bahagia"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button