In house Training pemanfaatan aplikasi Office 365 dalam pembelajaran daring

Peraturan pemerintah tentang bekerja dan sekolah dari rumah untuk menekan penyebaran Covid-19 memang menuntut semua orang untuk bersikap tanggap dan kreatif dalam menangani bagaimana agar semua proses tersebut berjalan dengan lancar.

Dalam proses tentu ada namanya belajar,dan di SMK Negeri 1 pun begitu. Dalam proses pembelajaran dari rumah,pelajar dan pengajar sangatlah bergantung pada aplikasi yang mampu membantu agar pelaksanaan proses belajar mengajar ini berjalan dengan baik. Namun dalam perjalanannya,kita menemukan bahwa banyak sekali kesulitan dalam proses transisi kegiatan belajar mengajar ini,banyak masalah yang dialami,terutama pada penggunaan aplikasi penunjang proses belajar mengajar secara online. Untuk itulah pihak SMKN 1 Banjarmasin mengadakan IHT (In House Training) untuk pelatihan penggunaan aplikasi Office 365,aplikasi yang menurut riset para tenaga pengajar SMKN 1 Banjarmasin merupakan aplikasi yang paling optimal saat ini dalam menunjang proses belajar-mengajar.

IHT ini diadakan selama 6 hari dari Senin, 24 Agustus sampai dengan Sabtu, 29 Agustus 2020 dan dibuka oleh Bapak M Yusuf Effendi selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Prov. Kalimantan Selatan, dan Bapak Moch Ali Mukhsin selaku PLT Kepala SMKN 1 Banjarmasin.

IHT diadakan sebanyak 3 sesi dengan rentang waktu 2 hari per-sesinya dengan jumlah peserta 26-28 orang untuk dapat menjaga jarak dan mematuhi protokol kesehatan.

Acara dibuka oleh Bapak M Yusuf Effendi selaku Kepala Dinas Pendidikan & Kebudayaan Prov. Kalimantan Selatan dan Bapak Moch Ali Mukhsin selaku PLT Kepala SMKN 1 Banjarmasin
Foto bersama para peserta setelah pembukaan, Senin 24 Agustus 2020
Bapak H. Ihsan Muzakki sedang memberikan materi selaku narasumber utama
Bapak Nabil ketika menyampaikan materi
Bapak Widi Sigit Nugroho sedang memberi materi kepada para peserta IHT
Peserta yang mengalami kesulitan akan dibantu para panitia
Keseriusan peserta IHT dalam mengikuti pembelajaran

Foto bersama peserta sesi 1
Foto bersama peserta sesi 2
Foto bersama peserta sesi 3

Besar harapan agar setelah pelatihan ini para dewan guru SMK 1 mampu mempelajari lebih lanjut tentang aplikasi ini dan dapat mempermudah siswa dalam penggunaan 1 aplikasi saja yang tentu lebih menghemat kuota dan ruang penyimpanan di ponsel para siswa.

About Bapa Hendra

Guru muda dari Jurusan Multimedia ini sering dibilang guru terlucu oleh murid muridnya,karena Bapa Hendra yang memang gemar tersenyum. Guru ini suka mengeluarkan kata kata mutiara,salah satunya "Tersenyumlah,karna saat kalian tidak punya apa apa sekalipun,tersenyum adalah hal indah yang bisa kita lakukan"

Check Also

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Online SMKN 1 Banjarmasin

Tahun ajaran baru telah dimulai bahkan sejak seminggu lalu. Namun karna kondisi pandemi yang memaksa …

DAFTAR WALI KELAS TAHUN AJARAN 2020-2021

Sehubungan dengan dimulainya tahun ajaran baru 2020-2021 untuk tingkat SMA-SMK, dan kita semua sedang menghadapi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *